Anak Anda Mengalami Hambatan Membaca? Ajak Anak Anda Les Baca

Anak yang mengalami kesulitan dalam belajar membaca, bukan berarti anak tidak cerdas. Untuk membantu anak Anda mengatasi masalah baca, Anda dapat memasukkannya dalam kelas les baca Jogja. Ada banyak hambatan dalam membaca yang bisa menjadi problema utama bagi anak Anda untuk belajar membaca. Berikut ini bermacam uraian tentang hambatan baca pada anak.

Bermacam Kendala Membaca pada Anak yang Dapat Dibantu dengan Privat Les Baca

  1. Masalah dalam Fonemik

Anak yang paham dengan fonemik dapat memahami suatu kata terdiri dari huruf apa saja. Anak juga dapat mengerti suatu kata yang mirip belum tentu punya arti yang sama. Anak Anda mungkin mengalami kesulitan dalam hal ini, sehingga ia sulit memahami rima kata, pembeda suara, dan penggabungan suku kata. Hambatan ini jelas dapat mempersulit anak menangkap suatu bacaan.

  1. Kesulitan Konsentrasi

Terkadang permasalahan membaca pada anak Anda dapat disebabkan, karena kurangnya kemampuan untuk mempertahankan konsentrasi. Padahal konsentrasi sangat dibutuhkan anak untuk memahami dan merangkai kata saat membaca. Kemampuan anak dalam berkonsentrasi dapat dibantu dengan mengajak anak mengikuti les baca, sebab cara pengajarannya membantu anak untuk fokus.

@nusagama #lesprivatjogja Belajar Baca Tulis NKRI Privat SD SMP SMA dan Bhs Inggris serta Komputer 1 IG

@nusagama #lesprivatjogja Belajar Baca Tulis NKRI Privat SD SMP SMA dan Bhs Inggris serta Komputer 1 IG

  1. Sulit dalam Pengucapan Kata

Memang membaca tidaklah harus disertai dengan bunyi. Namun perlu Anda pahami pengucapan menjadi hal mendasar dalam komunikasi dan pemahaman kata. Anak Anda mungkin masih kesulitan mengucapkan kata ‘apel’ dalam arti buah dengan benar, dan sering salah membacanya menjadi ‘apel’ yang berarti suatu upacara. Kesulitan pengucapan akan menghambat anak memahami penggunaan kata dalam kalimat.

  1. Kurangnya Dorongan

Sama dengan orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan motivasi untuk melakukan sesuatu. Anak membutuhkan dorongan untuk mau belajar dan menghadapi kesulitan. Motivasi yang baik dapat membuat anak merasa didukung, sehingga anak Anda lebih mau untuk belajar membaca. Selain bantuan dari Anda, mengikutkan anak les baca dapat meningkatkan motivasi anak untuk belajar baca.

  1. Susah Mengingat Kosakata

Pada dasarnya kosakata menjadi hal krusial dalam pembelajaran baca pada anak. Kosakata dapat mempermudah anak memahami bacaan. Sayangnya tidak sedikit anak mengalami kesulitan untuk mengingat kata-kata. Kadang kala anak mengingat kata namun ketika berada dalam bacaan mereka sulit mengenalinya. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi anak Anda untuk membaca suatu kalimat dengan benar.

Kesulitan kosakata dapat menjadi hambatan utama dalam anak belajar membaca. Anda harus memahami anak lebih mudah memahami kosakata dari nama benda-benda nyata. Sedangkan untuk kata-kata yang maknanya bersifat abstrak masih sulit untuk dipahami oleh anak-anak. Satu-satunya cara adalah dengan membuat kata abstrak menjadi bermakna dengan pemberian contoh nyata.

  1. Kurang dapat Memahami Bacaan

Anak Anda mungkin sudah punya bekal kosakata yang cukup, namun masih kesulitan dalam membaca. Pada dasarnya hal ini sangat wajar, sebab memahami bacaan dalam bentuk kalimat atau paragraf merupakan proses yang kompleks. Anak tidak lagi harus paham arti kata, tapi juga alur dari kalimat dan cerita. Pemahaman alur merupakan hal yang sulit untuk sebagian besar anak yang sedang belajar membaca.

Anak yang sulit dalam belajar membaca, banyak dikarenakan adanya hambatan dalam hal tertentu. Hambatan yang dimaksud yakni masalah pengucapan, kesulitan dalam kosakata, susah berkonsentrasi, tidak ada niat untuk belajar membaca, dan hambatan lainnya. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengajak anak melatih kemampuan membaca di les baca Nusagama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>